Menghindari Kesulitan saat Sewa Kantor di Jakarta

sewa kantor di Jakarta
sewa kantor di Jakarta
Sumber gambar: Canva

Salah satu hal penting ketika membangun bisnis adalah tersedianya fasilitas kantor yang memadai untuk menjalankan aktivitas bekerja. Hal ini sangat penting mengingat produktivitas yang maksimal dapat dimulai dari lingkungan kerja yang memadai. Sehingga perusahaan membutuhkan kantor dengan lokasi yang strategis. Akan tetapi, mencari sewa kantor di Jakarta khususnys memang tidak mudah.

Jakarta merupakan wilayah ibu kota dengan berbagai macam kelebihan dan kekurangan tergantung fasilitas kantor yang digunakan. Tentu akan menjadi beban tersendiri bagi Anda jika salah menentukan kantor terbaik untuk bekerja, salah satunya ada berbagai macam kemungkinan Anda menemukan kesulitan saat sewa kantor di Jakarta.

Simak Beberapa Cara Menghindari Kesulitan saat Sewa Kantor di Jakarta

  • Kesulitan Memahami Sewa Kantor

Dalam sewa kantor, ada aspek hukum perdata yang harus pahami, khususnya perjanjian sewa-menyewa. Karena masuk dalam ranah hukum perdata, maka bukti tertinggi yang dibutuhkan adalah bukti hitam di atas putih. Perjanjian sewa kantor secara tertulis akan menjadi dasar kontrak sewa yang Anda akan lakukan selanjutnya. 

Kontrak ini akan menjadi adanya peristiwa hukum yang Anda lakukan. Untuk itu, Anda wajib paham bagaimana isi kontrak sewa kantor yang baik. Sebaiknya dalam kontrak menjelaskan dengan jelas mengenai 2 hal berikut:

  • Identitas Kedua Pihak

Pastikan bahwa identitas siapa penyewa dan siapa pemilik gedung perkantoran jelas. Jika terjadi kesalahan dalam identitas, akibat hukumnya sangat fatal. Jika ada masalah, Anda bisa saja tidak bisa melayangkan gugatan. Harga dan masa sewa. 

Isi perjanjian sewa menyewa berikutnya yang wajib tertulis adalah harga base rent, harga service charge, dan masa sewa. Semua detail mengenai harga harus dicantumkan dengan jelas, termasuk metode pembayarannya. Begitu juga dengan kapan sewa dimulai dan diakhiri.

  • Pembayaran Tagihan

Pastikan bahwa harga sewa yang tertera dalam perjanjian sewa kantor jelas, apakah Anda yang harus membayar tagihan listrik atau pihak pengelola gedung, dan apakah cara pembayaran sewa tersebut bersifat 3 bulan di muka atau 1 tahun di muka. Siapa yang bertanggung jawab atas perbaikan. 

Harus Anda cantumkan siapa yang bertanggung jawab bila terjadi kerusakan dalam kantor, terutama hal-hal yang dari awal sudah biasanya disediakan oleh pemilik gedung seperti AC, meja, lampu, dan sebagainya. Memperbaiki kantor ketika terjadi kerusakan itu tidak murah, maka harus jelas siapa yang harus bertanggung jawab.

  • Tata Letak dan Bentuk Kantor Tidak Sesuai Keinginan

Kesulitan selanjutnya adalah tidak sesuainya tata letak kantor, solusinya Anda dapat melakukan renovasi kantor. Tahap ini biasa masuk dalam salah satu kategori perjanjian sewa kantor. Sehingga semua proses renovasi dipertanggung jawabkan. 

  • Repot Pindahan Kantor

Bisa dibilang, proses pindahan kantor merupakan tahapan paling dinanti oleh semua karyawan di kantor Anda. Pindahan kantor adalah kegiatan yang menyenangkan tapi juga melelahkan karena menyambut ruangan baru dengan sejuta ekspektasi dan harapan baru. 

Agar pekerjaan pindah kantor tidak berat dan melelahkan, Anda harus menerapkan tim kerja yang terorganisir dari awal pindahan hingga ke tahap akhir. Terbentuknya tim kerja ini tidak terlepas dari kebutuhan kantor itu sendiri seperti apa yang sudah dijelaskan dari berbagai langkah di atas.

  • Kesulitan Negosiasi

Proses negosiasi dirasa cukup sulit pada saat sewa kantor di Jakarta. Anda bisa melakukan percakapan diskusi dengan building management untuk mengambil keputusan yang kooperatif. Prinsip dasar dari tahap ini adalah Anda harus mengatakan langsung apa saja yang ingin perusahaan dapatkan ketika mengambil salah satu unit di gedung tersebut. 

Penting juga bagi Anda untuk mengetahui istilah-istilah dalam penyewaan gedung, sehingga memudahkan Anda pada saat negosiasi berlangsung. Setelah itu, Anda baru membayar transaksi terkait penyewaan gedung untuk sewa kantor yang Anda inginkan.

Nah itu dia beberapa kesulitan yang bisa Anda hindari ketika akan sewa kantor di Jakarta. Untuk kenyamanan dan keamanan sewa kantor di Jakarta yang lebih mudah, Anda bisa menggunakan Aru Raharja sebagai solusi untuk semua jenis bisnis. Terletak di lokasi yang strategis dengan fasilitas lengkap.

 

Baca juga: Tips Sewa Kantor Bulanan dengan Praktis